DESIGN YOUR LIFE WITH US


Tips Griya

Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Yang Baik?

Mungkin menggunakan jasa kontraktor merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan pembangunan rumah

more...
Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Yang Baik?
close
Mungkin menggunakan jasa kontraktor merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan pembangunan rumah kita, tetapi dengan catatan kita menggunakan jasa kontraktor yang baik. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita untuk memilih kontraktor yang baik?
 
Untuk menjawab pertanyaan ini kita akan melihat beberapa faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih kontraktor, antara lain :
 
1. Kontraktor dengan legalitas yang jelas. Pilihlah kontraktor yang jelas badan usahanya, memiliki kantor, izin usaha yang masih berlaku, serta memiliki reputasi yang baik. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari, karena kontraktor dengan badan usaha yang jelas cenderung akan selalu menjaga kualitas dan reputasinya.
 
2. Kontraktor dengan hasil pekerjaan yang baik dan berpengalaman.  Kualitas pekerjaan yang baik dapat dilihat pada hasil kerja kontraktor tersebut pada proyek-proyek sebelumnya. Selain itu kita bisa lihat dari daftar pengalaman kontraktor tersebut apakah sudah banyak mengerjakan proyek-proyek bangunan yang sejenis dengan bangunan kita.
 
3. Kontraktor yang mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya. Ini juga penting untuk dipertimbangkan, kalau kontraktor mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya, apalagi kalau kita kenal dengan pengguna jasanya kita bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang hasil pekerjaan dan tanggung jawab kontraktor tersebut.
 
4. Kontraktor dengan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman. Hal ini penting untuk menjamin hasil pekerjaannya berkualitas baik.
 
5. Kontraktor dengan harga yang wajar. Jangan memilih kontraktor dengan harga yang sangat mahal, tetapi hindari juga kontraktor yang menawarkan harga borongan yang sangat murah karena bisa jadi mereka salah dalam perhitungan dan nantinya akan mengorbankan kualitas atau parahnya mereka akan menghentikan pekerjaan jika mengalami kerugian. Pilihlah kontraktor yang memberikan harga borongan yang wajar. Setiap usaha pasti menginginkan keuntungan, 10% merupakan keuntungan yang wajar bagi kontraktor.
 
6. Kontraktor yang bertanggung jawab dan memberikan garansi. Apakah kontraktor tersebut berani memberikan garansi hasil pekerjaannya jika suatu saat nanti terjadi kerusakan bagian bangunan contohnya seperti atap yang bocor. Apakah kontraktor tersebut bertanggung jawab dan cepat tanggap terhadap keluhan pelanggannya? Secara riil hal ini bisa diketahui dari pengguna jasa sebelumnya atau jika kita mengenal baik kontraktor tersebut.
 
Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kontraktor yang baik untuk pembangunan rumah kita, semoga bermanfaat...!

Tips Interior Rumah Minimalis

Apakah interior rumah minimalis jawaban untuk anda? Jika anda yakin bahwa kesederhanaan adalah bentu

more...
Tips Interior Rumah Minimalis
close

Apakah interior rumah minimalis jawaban untuk anda? Jika anda yakin bahwa kesederhanaan adalah bentuk akhir dari sebuah kompleksitas atau kerumitan. Maka desain interior minimalis adalah hal yang tepat bagi Anda.

Meskipun ada beberapa orang yang berpikir bahwa desain interior ini sangat membosankan dan bukan desain yang baru. Tapi bagi anda yang memiliki bangunan yang terbatas, desain interior minimalis sangat saya rekomendasikan.

Memang desain ini sudah sangat populer pada abad ke-20. Bisa dikatakan desain interior bukan sesuatu hal yang baru. Akan tetapi menurut saya, desain interior minimalis memiliki banyak keuntungan.

Contohnya saja, rumah dengan interior minimalis sangat mudah untuk dibersihkan. Dan yang pasti rumah ini bisa mengurangi stress ketika anda berada di rumah. Sebab interior ini membuat rumah tampak lebih luas.

Untuk membantu anda memperoleh interior rumah minimalis desain ini dengan sempurna dan penuh dengan fungsionalitas, berikut beberapa tips yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Tips Membuat Interior Minimalis

Jaga Agar Ruangan Tetap Bersih

Interior minimalis bisa tetap terjaga jika kita tetap membuat ruangan tersebut tetap bersih. Hal ini tidak saja membuat ruangan enak dipandang, tetapi juga membuat rumah anda terorganisir dan efisien.

Untuk menjaga ruangan tetap bersih, kita harus menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan atau tidak dibutuhkan lagi. Seperti yang kita tahu, jika terlalu banyak menumpuk barang dalam rumah. Akan membuat rumah terlihat berantakan.

Hal ini tidak hanya saja membuat ruangan tetap bersih. Tetapi juga akan mengurangi rasa stress di dalam rumah karena interior rumah anda tertata dengan rapi dan bersih.

Apabila kita memiliki banyak barang di dalam rumah dan tidak terlalu sering menggunakannya. Kita bisa menggunakan kabinet, box unik atau keranjang untuk menyembunyikan barang tersebut.

Menentukan Warna Cat

Biasanya, warna cat untuk interior minimalis identik dengan warna putih atau warna netral. Jika anda terlalu bosan dengan warna tersebut, anda bisa menggunakan beberapa warna lain seperti warna merah, orange, atau warna ungu terong.

Perabotan Yang Sederhana

Untuk interior rumah minimalis, kita cukup menggunakan perabotan yang sederhana dalam bentuk. Hal yang paling penting adalah fungsi dari perabotan itu tidak hilang.

Pemilihan perabotan juga harus mempertimbangkan tema interior rumah. menyelaraskan warna perabotan dan cat dinding ruangan merupakan pertimbangan utama yang harus kita pikirkan.

Penataan perabotan dalam ruangan juga menjadi hal yang cukup penting. Jika kita menempatkan perabotan di tempat yang tepat, maka keseimbangan desain interior dapat tercapai.

Menciptakan Pencahayaan Yang Tepat

Untuk pencahayaan, kita bisa menggunakan lampu yang tersembunyi. Hal ini akan lebih terlihat elegan dibandingkan kita menggunakan beberapa lampu duduk. Sebagai pemanis, kita bisa menggunakan lampu trek atau sorot untuk cermin dan rak dinding. Kita bisa mendapatkan pencahayaan yang menonjol, ketika menggunakan lampu ini.

Ada baiknya jika kita juga menggunakan lampu dim. Dengan begitu, kita bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Meredupkan lampu juga dapat menciptakan interior rumah minimalis dengan suasana yang nyaman dan santai.

4 Tips Menata Interior Rumah Kecil

Rumah dengan type 36 memang memiliki lahan yang sempit, dan jika membeli dalam bentuk jadi pada umum

more...
4 Tips Menata Interior Rumah Kecil
close

Rumah dengan type 36 memang memiliki lahan yang sempit, dan jika membeli dalam bentuk jadi pada umumnya rumah dengan type 36 memiliki dua kamar tidur, ruang tamu yang menyambung dengan dapur dan satu kamar mandi, memang terlihat sempit namun dengan sedikit perubahan interior rumah type 36 ini, rumah akan terlihat lebih luas dan kesan nyaman masih tetap anda rasakan.

Berikut ini beberapa langkah sederhan dalam merubah interior rumah type 36 agar terlihat lebih lapang :

1. Menghilangkan salah satu kamar tidur dan menggabungkannya dengan ruang tamu, namun yang perlu anda ubah adalah plafon bekas kamar yang telah anda bongkar; satukan ukuran plafon dengan ruang tamu dan tinggikan plafonnya agar tampak luas dan gagah. Dinding terbuat dari semen mortar akan memberikan efek dingin ke dalam ruangan. Dinding eksterior dapat dilapisi batu pualam sehingga dari luar, rumah type 36 tersebut terlihat semakin menawan.

2. Pemilihan dan penggunaan wallpaper - penggunanan wallpaper lebih bervariasi dari pada penggunaan cat, namun pilihlah wallpaper yang cenderung lembut, jika bisa hindari penggunaan wallpaper dengan motif yang terlalu ramai dan berwarna gelap.

3. Pemilihan perabotan - seperti yang telah disebutkan diatas bahwa interior rumah type 36 ini terbatas dalam hal ruang, pemilihan perabotan menjadi hal yang mesti anda perhatikan detailnya, contohnya pemilihan meja ruang tamu yang dipakai coba menggunakan meja kecil berukuran sekitar 60x40x30 cm saja. Bagi yang ingin duduk lesehan, sediakan bantal-bantal berukuran sedang dengan diameter sekira 50 cm di beberapa sudut ruangan. Bila mau meletakan TV, gunakan jenis flatscreen TV yang dapat ditempelkan ke dinding.

4. Pemilihan lantai - hindari keramik yang terlalu banyak motif, hal ini akan menjauhkan kesan sederhana dan luas pada dalam ruangan, namun sangat penting pemilihan warna pada keramik. Kreasi warna pada keramik bisa menimbulkan kesan unik tersendiri, contohnya keramik warna coklat muda untuk ruang tamu, keramik warna hijau daun muda untuk dapur dan keramik warna kuning pupus untuk kamar tidur, keramik warnabroken white untuk kamar mandi.

Interior Rumah Klasik Modern Sederhana

Desain interior bernuansa klasik juga bisa tampil lebih sederhana dan modern dengan penataan yang te

more...
Interior Rumah Klasik Modern Sederhana
close

Desain interior bernuansa klasik juga bisa tampil lebih sederhana dan modern dengan penataan yang tepat. Tak percaya? Coba lihat desain interior rumah indah berikut ini.

 

Dibuat dalam palet warna putih hitam, bergaya klasik modern dengan sentuhan industrial, tampilannya bersih dan sederhana. Tambahan warna-warna mencolok seperti kuning, emas, atau beberapa perabotan dengan warna coklat dan abu-abu berpadu serasi dengan indahnya di dalam ruangan huni ini. Tampil indah dan simple dengan desain interior bergaya klasik modern.

© 2015 Griya Kreasindo
Powered by MaliniArt Studio